WhatsApp Image 2023-05-29 at 12.05.54

Pengembangan Soft Skill komunikasi dan Public Speaking Tim Onlenkan.com Bersama Fandy Laksono

Seperti yang kita tau bahwa komunikasi itu penting, dengan berkomunikasi kita dapat menyampaikan maksud dan tujuan kepada lawan bicara. Memudahkan dalam memahami pesan dan informasi yang disampaikan. Tentu dalam kehidupan sehari-hari komunikasi itu memang diperlukan, begitu pula dalam dunia kerja. Komunikasi tidak hanya berguna untuk bernegosiasi dengan klien saja, namun juga komunikasi yang baik dengan rekan kerja juga perlu. Rekan kerja antar divisi atau dengan sesama divisi komunikasi yang baik dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dalam dunia kerja, skill public speaking tentunya harus dimiliki dan harus terus dilatih. Seperti yang kita tahu, bahwa dalam dunia kerja terdapat banyak sekali kesempatan untuk bertemu dengan klien baru. Tentunya jika menawarkan produk kepada klien, skill public speaking dan komunikasi sangat membantu. Sehingga, pesan yang disampaikan akan sampai kepada klien dengan jelas. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, komunikasi juga dapat membantu dalam melalukan negosiasi dengan klien sehingga dapat dengan mudah tersampaikan kesepakatan, karena pesan dan tujuan yang disampaikan menjadi jelas.

Dunia kerja tidak hanya berkaitan dengan klien atau rekan bisnis saja. Tapi, juga koordinasi dan kerjasama antar rekan kerja. Sebenarnya, komunikasi dan koordinasi antar rekan kerja adalah hal awal yang harus nya dipahami oleh masing-masing tim, hal ini mencapai tujuan atau goals yang sama dalam sebuah tim. Semua sector pekerjaan sudah pasti membutuhkan skill komunikasi yang mumpuni untuk menunjang pekerjaan. Tak lupa dengan bisnis di sector IT.

Bisnis IT yang kita tau merupakan pekerjaan yang paling banyak dilakukan depan laptop atau PC. Memang benar adanya, seorang website developer tentunya akan menyelesaikan pekerjaannya dengan laptop atau PC. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan bertemu dengan klien atau membutuhkan koordinasi dengan rekan kerja lainnya. Menjelaskan produk atau proyek yang dikerjakan, meeting bersama klien, hingga brainstorming bersama tim untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi. Oleh karena itu, bisnis di bidang IT juga sangat diperlukan pengembangan soft skill komunikasi dan public speaking.

Onlenkan.com merupakan perusahaan yang bergerak dibidang IT dan menawarkan jasa pembuatan website, mobile applications, dan digital marketing. Bertemu dengan klien sudah merupakan hal yang pasti dalam menawarkan jasa. Namun, juga perlu pengembangan skill komunikasi untuk tim internal Onlenkan.com agar dalam mengerjakan suatu proyek dapat berkoordinasi dengan baik dengan rekan kerja, sehingga dapat menghasilkan produk website yang sesuai dengan keinginan klien.

Oleh karena itu, dalam memberikan fasilitas pengembangan soft skill bagi tim internal, Onlenkan mengundang Kak Fandy Adyaksa Laksono yang merupakan Founder dari Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo. Fandy Laksono memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam hal komunikasi dan public speaking.

Gambar 1. Fandy Adyaksa Laksono

Fandy Laksono merupakan lulusan dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Dengan background pendidikan eksak, namun Fandy Laksono memiliki minat yang sangat tinggi dalam hal social skill. Sering berkecimpung dalam kegiatan sosial, merupakan cara beliau untuk terus mengembangkan bakat dan minatnya dalam public speaking. Meskipun pendidikan dalam dunia teknologi, tapi tak menyurutkan minat dan bakatnya dalam dunia komunikasi. Sehingga, skill tersebut menjadikan keunggulan tersendiri bagi Fandy Laksono.

Fandy Laksono juga dalam mengembangkan bakatnya tersebut, sering kali mengikuti kompetisi yang mengunggulkan public speaking. Kompetisi yang pernah diikuti adalah

  1. Kang Yuk Kota Probolinggo 2011,
  2. Raka Raki Jawa Timur 2012,
  3. Duta Fakultas Teknologi Pertanian UB 2013, dan
  4. Duta Pangan Jawa Timur 2016.

Melalui kompetisi tersebut, skill Fandy Laksono makin terasah. Seperti yang kita tahu, bahwa dalam kompetisi tersebut tentu diperlukan skill public speaking yang menjadi aspek peniliaian.

Dari sering mengikuti kompetisi duta, Fandy Laksono pada akhirnya menjadi founder dari Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo. Beliau sering kali menjadi mentor dibidang public speaking untuk finalis maupun anggota paguyuban. Dan juga menjadi mentor bagi para pemuda daerah yang ingin meningkatkan skill public speakingnya, tak lupa juga sering kali memberikan mentoring dalam menjawab pertanyaan dalam sebuah interview kerja, dan ilmu tentang komunikasi dalam dunia kerja. Sehingga, dari latar belakang itu lah Onlenkan.com mengundang Fandy Laksono untuk dapat berbagi ilmunya dengan tim internal Onlenkan.com di bidang komunikasi dan public speaking.

Tujuan dari diadakannya pelatihan pengembangan soft skill ini adalah diharapkan masing-masing tim internal onlenkan dapat memiliki skill public speaking dan komunikasi yang jauh lebih baik. Sehingga, hal ini dapat menunjang produktifitas dalam pekerjaan.

Pengembangan soft skill ini dilakukan pada tanggal 8 Oktober 2022 dan berlokasi di kantor Onlenkan.com. Selama sesi tersebut, banyak pertanyaan dan interaksi yang terjadi antara Fandy Laksono sebagai mentor dengan tim internal Onlenkan.com. Keingintahuan tim terhadap materi komunikasi ini dapat memberikan dampak yang baik bagi Onlenkan.com kedepannya.

Gambar 2. Fandy Laksono (kiri) dan Gamma Kristian sebagai CEO dari Onlenkan.com (kanan)

Fandy Laksono juga menjelaskan terkait dengan tips dan trik dalam public speaking atau berkomunikasi dengan audience dengan latar belakang yang beragam. Bertepatan dengan program yang dijalankan yaitu Sharing Session, dengan berbagai topic bahasan dan narasumber professional tentunya banyak audience yang tertarik pula untuk bergabung di acara tersebut. Oleh karena itu, dengan adanya sesi pengembangan soft skill public speaking ini sangat membantu tim dalam terus mengasah dan melatih public speaking terutama dalam kegiatan tersebut.

Dalam sesi tersebut Fandy Laksono juga mengatakan “Public Speaking is about 20% of what you know, and 80% how you feel about what you know”. Dari hal ini beliau menjelaskan bahwa ilmu teori dan praktik dalam public speaking hanya sekitar 20% saja yang bisa kita terima, 80% sisanya merupakan terus berlatih dengan konsisten dan diperlukan jam terbang. Sehingga, pesan dari Fandy Laksono untuk tim Onlenkan.com adalah teruslah belajar dan berlatih hingga hard skill dan soft skill dari tim Onlenkan.com dapat tumbuh dengan seimbang.

Gambar 3. Fandy Laksono dan tim internal Onlenkan.com

Join the newsletter to receive the latest updates in your inbox.

C18A9362.JPG

Eka Kristalia Kuryani

Saya merupakan personal yang gigih dan profesional. Pengalaman adalah guru terbaik bagi saya. Film Science-Fiction adalah film kegemaran saya. Rebahan adalah rutinitas healing saya.

C18A9308.JPG

Virly Setyaki

Saya merupakan personal yang gigih dan profesional. Pengalaman adalah guru terbaik bagi saya. Film Science-Fiction adalah film kegemaran saya. Rebahan adalah rutinitas healing saya.

C18A9294.JPG

Donny Sabri Ashari

Saya merupakan personal yang gigih dan profesional. Pengalaman adalah guru terbaik bagi saya. Film Science-Fiction adalah film kegemaran saya. Rebahan adalah rutinitas healing saya.

Official_Final_Polished_Main [Logo Only]

Onlenkan Staff

Bukan mimin, tapi aktif ngonten.