Mockup-Personal-Website

Ingin Punya Website Untuk Bisnis? Kenali 5 Istilah Website Berikut!

Website merupakan platform yang bisa menampung semua kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari informasi bisnis, informasi produk, hingga melakukan transaksi jual beli. 

Fitur-fitur dalam website memberikan banyak manfaat bagi pengguna sehingga dapat memudahkan pengguna dalam menelusuri website.

Selain fitur, ada pula istilah-istilah dalam sebuah website yang perlu untuk diketahui sebelum membuat website. Berikut adalah 5 istilah dalam website yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan Anda tentang website.

1. Domain

domain adalah nama dari sebuah sebuah website. Nama website ini memiliki ekstensi yang digunakan untuk masuk ke halaman website yang ingin dikunjungi. contohnya onlenkan.com, google.com, facebook.com. Ekstensi .com merupakan unsur penting yang harus ada dalam domain. 

Jadi, domain diibaratkan seperti alamat yang akan menunjukkan ke rumah Anda. Sehingga, pentingnya domain dalam website agar pengunjung dapat mengunjungi website Anda dengan mudah. Memudahkan pengunjung untuk mengingat website Anda. Serta membangun kepercayaan pengunjung terhadap website Anda dengan adanya domain.

2. hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua data-data yang ada di website. Seperti yang Anda tahu, website bisa berisi macam-macam; gambar, video, tulisan, plugin, script yang rumit, dan sebagainya.

Jadi, saat website Anda dibuka oleh orang lain, data-data yang ada di website akan langsung ditampilkan.

Tanpa hosting, data-data yang ada di website Anda tidak akan bisa ditampilkan sehingga website Anda tidak bisa diakses oleh netizen. Karena data-data website Anda tidak punya tempat untuk diletakkan.

Diibaratkan sebagai properti, hosting dapat dikatakan seperti bangunan rumah yang berfungsi untuk menyimpan semua aset-aset dan furnitur dalam rumah. Sehingga, pengetahuan tentang hosting juga penting mengingat kita harus tau tentang tempat untuk menyimpan aset website.

3. SEO (Search Engine Optimation)

Mengacu pada proses pengoptimalan website melalui berbagai teknik dan strategi untuk tujuan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pengcarian (Seperti Google, Bing, Yandex).

SEO mencakup pengoptimalan internal website (on-page), dan teknik eksternal seperti pembuatan tautan dari website lain (off-page).

SEO menerapkan penggunaan kata kunci yang harus ada dalam website, bisa dalam bentuk artikel yang dimuat di dalam website. Sehingga kata kunci yang digunakan dapat disesuaikan dengan kategori target market. Hingga pada akhirnya, website akan mendapatkan traffic dan jumlah pengunjung yang meningkat sesuai dengan target.

4. Plugin

Plugin merupakan sebuah alat atau tool yang dapat mengubah serta mentransformasi website sederhana menjadi website yang fungsional dan mempunyai banyak fitur.

Beberapa plugin yang sering digunakan dalam WordPress:

  1. Plugin SEO
  2. Plugin keamanan
  3. Plugin Backup
  4. Plugin Anti-Spam

5. Cpanel

Control Panel atau yang lebih dikenal dengan nama CPanel merupakan gerbang untuk masuk ke data hosting dari website yang Anda miliki. Di dalam CPanel ini, Anda akan lebih mudah untuk mengatur serta mengontrol fasilitas yang ada pada website yang Anda miliki. 

Join the newsletter to receive the latest updates in your inbox.

C18A9362.JPG

Eka Kristalia Kuryani

Saya merupakan personal yang gigih dan profesional. Pengalaman adalah guru terbaik bagi saya. Film Science-Fiction adalah film kegemaran saya. Rebahan adalah rutinitas healing saya.

C18A9308.JPG

Virly Setyaki

Saya merupakan personal yang gigih dan profesional. Pengalaman adalah guru terbaik bagi saya. Film Science-Fiction adalah film kegemaran saya. Rebahan adalah rutinitas healing saya.

C18A9294.JPG

Donny Sabri Ashari

Saya merupakan personal yang gigih dan profesional. Pengalaman adalah guru terbaik bagi saya. Film Science-Fiction adalah film kegemaran saya. Rebahan adalah rutinitas healing saya.

Official_Final_Polished_Main [Logo Only]

Onlenkan Staff

Bukan mimin, tapi aktif ngonten.